1. Kata Pengantar Kepala Pusdiklat Pegawai

Berdasarkan kenyataan yang ada, masalah ketenagakerjaan semakin lama semakin meningkat, baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya. Dengan kondisi yang demikian, jumlah pegawai yang menangani dibidang ketenagakerjaan dirasakan masih kurang.

Salah satu langkah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang professional, antara lain dengan memberikan pendidikan dan pelatihan dasar ketenagakerjaan bagi para pegawai yang membidangi ketenagakerjaan .

Agar program Diklat Dasar Ketenagakerjaan (E-Learning) dapat berdayaguna dan berhasilguna, maka dalam persiapan diklat ini telah diupayakan penulisan dan penyempurnaan modul yang merujuk pada kurikulum berdasarkan kompetensi yang harus dimiliki seorang pegawai bidang ketenagakerjaan.

Untuk keperluan tersebut, maka disusunlah modul Dasar Ketenagakerjaan (E-Learning) ini dengan tujuan mempermudah peserta diklat dalam proses belajar mengajar. Dengan membaca modul ini sebelumnya, diharapkan peserta diklat mendapatkan wawasan dan menyiapkan bahan diskusi dalam proses pembelajaran.

Modul ini berisi substansi dasar dan hal-hal minimal yang seyogyanya dikuasai pegawai dibidang ketenagakerjaan. Untuk memperluas wawasan, diharapkan peserta diklat membaca buku-buku referensi atau daftar pustaka dan sumber-sumber lainnya.

Diharapkan dengan berpedoman pada modul tersebut, para peserta dan pengajar Diklat Dasar Ketenagakerjaan (E-Learning) mempunyai kesamaan pemahaman terhadap seluruh kompetensi.

Akhirnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan modul ini, disampaikan terima kasih dan semoga bermanfaat dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

Jakarta, Desember 2017
KEPALA PUSDIKLAT PEGAWAI

.

Elsie Armaita, S.H. M.H.
NIP. 19600520 198603 2 001

in Daftar Isi